PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMA NEGERI 1 TALUN
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
SILABUS
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
(WAJIB)
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN 18-015/18-016
PANGKALAN SMA NEGERI 1 TALUN
Jl. Raya Kaweron Tromol Pos 04 Talun 66183
Telepon (0342) 691148 Faximile (0342) 691766
Talun Blitar
NAMA PANGKALAN : SMA NEGERI 1 TALUN
GOLONGAN
/ TINGKATAN : PENEGAK / BANTARA
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI LATIHAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. 1
Mampu
mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai spiritual.
1. 2
Mampu
melaksnakan ibadah sehai-hari sesuai keyakinanya
|
Ø Spiritual
|
Islam
Ø Dapat menjelaskan makna
Rukun Iman dan Rukun Islam
Ø Mampu menjelaskan makna
sholat berjamaah dan dapat mendirikan sholat sunnah secara individu
|
Ø Rukun iman
Ø Rukun islam
Ø Definisi
sholat
Ø Kewajiban
Sholat
Ø Makna
sholat
|
Ø Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun
Islam
Ø Dapat menjelaskan makna yang terkandung
dalam Rukun Iman
Ø Dapat menjelaskan makna yang terkandung
dalam Rukun Islam
Ø Dapat menjelaskan keutamaan sholat
berjamaah
Ø Setiap Saat melakukan Sholat
Wajib
dan dilanjutkan dengan Sholat Sunah
Ø Menyebutkan minimal 5 jenis sholat sunah
dan tata caranya
|
Ø Tes Lisan
|
1
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979, tentang kegiatan rohani
Ø Kunci Ibadah
|
|
Ø Spiritual
|
Ø Mampu menjelaskan makna
puasa serta macam-macam puasa
Ø Tahu tata cara merawat
atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah)
Ø Dapat membaca do'a ijab
Qobul Zakat
Ø Dapat menghafal sebuah
hadits dan menjelaskannya hadits tersebut
|
Ø Definisi
puasa
Ø Tujuan
puasa
Ø Jenis-jenis
puasa
Ø Definisi Takziah
Ø Tata cara
takziah
Ø Tata cara
perawatan jenazah
Ø Definisi
zakat
Ø Ijab Qobul zakat
Ø Sumber hukum Islam
Ø Definisi
hadits
|
Ø Dapat menjelaskan hikmah puasa
Ø Dapat menjelaskan jenis-jenis puasa
(puasa wajib dan puasa sunah)
Ø Dapat menjelaskan syarat wajib puasa
Ø Dapat menjelaskan syarat sah puasa
Ø Dapat menjelaskan rukun puasa
Ø Dapat menyebutkan Hukum Merawat Jenazah
Ø Dapat menyebutkan Tazhijul Jenazah (Tata
Cara Merawat Jenazah)
Ø Dapat menyebutkan Doa Ijab Qabul Zakat Fitrah
Ø Dapat menyebutkan dan menjelaskan sebuah
hadist
|
Ø Tes Lisan
Ø Tes Praktik
|
1
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979
Ø Kunci Ibadah
Ø Mabadi’ul fiqhiyah
Ø Arba’in Nawawi
|
|
Ø Spiritual
|
Agama Katolik
Ø Tahu dan paham makna dan arti Gereja
Katolik
Ø Dapat memimpin doa dan membangun serta
membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar Gereja Katolik
|
|
Ø Tahu dan paham makna dan arti Gereja
Katolik
Ø Dapat memimpin doa dan membangun serta
membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar Gereja Katolik
|
|
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979
|
|
Ø Spiritual
|
Agama Kristen
Protestan
Ø Mendalami Hukum Kasih dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Ø Dapat melaksanakan hukum kasih
Ø Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya
Ø Memimpin do’a dalam pertemuan penegak
Ø Menolong orang lain tanpa pembedaan
Ø Membantu pelayanan sekolah minggu di
gerejanya
Ø Mengikuti aktifitas kemanusiaan
|
|
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979
|
|
Ø Spiritual
|
Hindu
a. Dapat menjelaskan
sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia
b. Dapat menjelaskan makna
dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari
besar keagamaan Hindu
c.
Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran manusia
menurut agama Hindu
d. Dapat menjelaskan makna
dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan
e.
Dapat mempraktekkan gerakan Asanas dari Hatta Yoga
f.
Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk
Darma Gita
g.
Dapat mendiskripsikan struktur fungsi dan sejarah pura
dalam cakupan Sad Kahyangan
|
|
|
|
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979
|
|
Ø Spiritual
|
Budha
Ø Saddha:
mengungkapkanBuddha Dharma sebagai salah satu agama
Ø Menjelaskan sejarh
Buddha Gautama
Ø Menjelaskan Tiratana
sebagai pelindung
|
|
|
|
|
Ø SK Kwarnas No. 182 tahun 1979
|
NAMA PANGKALAN : SMA NEGERI 1 TALUN
GOLONGAN
/ TINGKATAN : PENEGAK / BANTARA
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI LATIHAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. 3
Mampu
berkomunikasi dengan orang tua dan teman secara santun
1. 4
Mampu
mengendalikan emosi dan berfikir secara logis
1. 5
Mampu
menyampaikan pendapat dan menerima perbedaan pendapat dengan tidak menyinggung
perasaan orang lain
|
Ø Emosional
|
Ø Berani menyampaikan
kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman
Ø Dapat menguji jalannya
diskusi dengan baik
|
Ø Kepenegakan
Ø Organisasi Penegak
Ø Kesakaan
|
Ø Berani mengemukakan saran dengan sopan
dan santun, tanpa menyinggung teman
Ø Dapat mengungkapkan alasan
Ø Dapat memilih kata-kata yang tidak
menyinggung temannya
Ø Tahu waktu
yang tepat untuk menyampaikan
kritikan
Ø Dapat
membaca perasaan teman
Ø Memahami Tata tertib berdiskusi
Ø Turut aktif dalam suatu proses diskusi
|
Ø Test Praktik
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø UU RI nomor 24 tahun
2009
Ø Kamus Besar bahasa
Indonesia..
|
NAMA PANGKALAN : SMA NEGERI 1 TALUN
GOLONGAN
/ TINGKATAN : PENEGAK / BANTARA
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI LATIHAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. 6
Mampu
mengenal kepribadian orang lain dan tidak berprasangka buruk.
1. 7
Mampu
memimpin kelompoknya dan memberikan kontribusi terhadap organisasi sosial
lain yang dilakukan secara individu maupun kelompok
|
Ø Sosial
|
Ø Dapat hidup bersama
antar umat beragama dan toleransi dalam bakti.
Ø Mengikuti pertemuan
ambalan sekurang-kurangnya 2 kali pertemuan setiap bulan
Ø Setia membayar iuran
kepada Gugus Depan, dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari
usaha sendiri
Ø Dapat berbahasa
Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
|
Ø Dinamika kelompok
Ø Definisi
outbond, Sejarah
Ø Kegiatan menarik
Ø Definisi
menabung, manfaat menabung
Ø Komunikasi
dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Ø Selalu mengingatkan anggota lain untuk
menunaikan kewajiban agamanya
Ø Tahu cara bersikap ketika orang lain
melakukan kewajiban agamanya
Ø Membayar iuran kepada gugus depan dengan
setiap kali latihan mingguan uang yang diperoleh dari usaha sendiri
Ø Selalu menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
|
Ø Tes Tulis
Ø Tes Praktik
|
6
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø SK Kwarnas
Ø Sejarah sumpah pemuda
Ø UU RI nomor 24 tahun
2009
|
|
Ø Sosial
Ø Peduli Lingkungan
|
Ø Telah membantu
mengelola kegiatan di Ambalan
Ø Memahami perintah kerja
lisan
Ø Memahami perintah kerja
tertulis
Ø Menulis surat edaran
Ø Menulis surat izin
orang tua
Ø Membuat proposal
Ø Membuat laporan
Ø Telah ikut aktif kerja
bakti di masyarakat minimal 2 kali
Ø Dapat menampilkan
kesenian daerah di depan umum minimal sekali
|
Ø Gugus depan
Ø Struktur organisasi gugus depan
Ø Administrasi
gugus depan
Ø Administrasi ambalan
Ø Kearifan Lokal
Ø Menampilkan kesenian daerah sebagai
kekayaan budaya
|
Ø Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja
kegiatan ambalan
Ø Memahami
sistematika dan Jenis-jenis surat
Ø Membuat
disposisi
Ø Administrasi
gugus depan (surat keluar dan masuk)
Ø Memahami
sitematika proposal
Ø Membuat
proposal sederhana
Ø Memahami
sistematika laporan
Ø Membuat
laporan kegiatan
Ø Minimal 2
kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya
Ø Secara Perorangan maupun bersama
teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah
|
Ø Tes Tulis
Ø Tes Praktik
|
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø SK KWARNAS No. 225 tahun 2007
Ø SK KWARNAS No. 231 tahun 2007
Ø SK KWARNAS No. 214 tahun 2007
Ø SK KWARNAS 041 tahun
1995
Ø SK KWARNAS No. 005 tahun 1989
Ø SK KWARNAS No. 080 tahun 1988
Ø Struktur dan
Administrasi Gugus Depan
|
NAMA PANGKALAN : SMA NEGERI 1 TALUN
GOLONGAN
/ TINGKATAN : PENEGAK / BANTARA
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI LATIHAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. 8
Mampu
memilih bidang pengetahuan yang diminati untuk menunjang cita- citanya
1. 9
Mampu
membuat kesimpulan, kritik dan saran
terhadap hal yang dipelajari
|
Ø Intelektual
|
Ø Mengenal, mengerti dan
memahami isi AD dan ART Gerakan Pramuka
|
Ø Kepramukaan
Ø Dasar hukum
organisasi pemuda
Ø Dasar hukum
pramuka
Ø KEPRES RI tentang Anggaran dasar
pramuka
Ø SK KWARNAS tentang Anggaran rumah
tangga pramuka
Ø pendidikan kepramukaan
Ø Gugus Depan territorial
|
Ø Dapat menyebutkan nomor surat keputusan
Presiden tentang AD Gerakan pramuka
Ø Dapat menyebutkan Nomor surat keputusan
Ketua Kwarnas tentang ART Gerakan Pramuka
Ø Dapat menyebutkan pasal-pasal pokok
tentang tujuan, tugas pokok, prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan
|
Ø Tes Tulis
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø UU No. 12 tahun 2010
Ø UU no. 40 tahun 2009
Ø KEPRES RI No. 24 tahun 2009
Ø AD/ART hasil
Munaslub 2013
Ø SK KWARNAS No. 203 tahun 2009
|
|
Ø Intelektual
|
Ø Dapat menjelaskan
sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia
|
Ø Sejarah pramuka dunia, Struktur
organisasi biro kepramukaan dunia
Ø Sejarah pramuka Indonesia, Struktur
organisasi pramuka Indonesia
|
Ø Dapat menyebutkan pendiri kepramukaan
dunia, sejarah pramuka dunia dan buku-buku yang dihasilkan oleh Baden Powell
Ø Dapat menceritakan masuknya kepramukaan
ke Indonesia
Ø Dapat menceritakan perkembangan
kepramukaan di Indonesia sampai saat ini
|
Ø Tes Praktik
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø UU No. 12 tahun 2010
Ø UU no. 40 tahun 2009
Ø Aids To Scouting
Ø Rovering To Success
|
|
Ø Intelektual
Ø Lingkungan
|
Ø Memahami Berkemah
Ø Mengenali hutan
(sejarah, jenis dan iklimnya)
Ø Memahami tanah dan
jenisnya
Ø Memahami parit sebagai
irigasi air
Ø Memahami biopori
sebagai resapan air dilingkungan sekolah dalam pencanangan dan pengelolaan
hutan sekolah
Ø Mengenal Peta dan
jenisnya
Ø Dapat menggunakan jam,
kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan
Ø Memahami cara menaksir
tinggi, berat, lebar, dan arus
|
Ø Definisi
berkemah, pengembaraan,
navigasi darat
Ø Definisi,
fungsi parit dan biopori
Ø Definisi,
jenis peta
Ø Peta panorama
Ø Peta buta
Ø Peta pita
Ø Memahami kompas dan penggunaannya
Ø Memahami tanda jejak
Ø Memahami tanda-tanda alam
Ø Menaksir tinggi, lebar, berat, arus air
|
Ø Dalam suatu pengembaraan Pembina dapat
memberikan tugas berupa :
1.
Memperkirakan
waktu tanpa melihat jam
2.
Menjelaskan
bagian- bagian dari kompas, azimuth dan back azimuth, resection dan
intersection
3.
Membaca
dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya
|
Ø Tes
perbuatan
|
4
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø Aids To Scouting
Ø Rovering To Success
Ø Scouting and Seamenship For Boys
Ø Modul Peta Topografi
Ø Modul SAR, BASARNAS
Ø Modul Survival
Ø Peta dan
Kompas
|
|
Ø Intelektual
|
Ø Memahami survival
Ø Memahami ciri-ciri
makanan darurat
Ø Memahmi perlengkapan
bivak
Ø Memanfaatkan
perlengkapan bivak
|
Ø Pengertian Survival
ü Makanan dan Minuman Darurat
ü Botani dan Zoologi
ü Membuat Pengapian
Ø Pengertian Bivak
ü Mencari tempat Bivak
ü Cara Membuat Bivak
|
Ø Memahami
survival
Ø Dapat
mengidentifikasi makanan dan minuman darurat
Ø Dapat
membuat bivak
|
Ø Tes Tulis
Ø Tes Praktik
|
2
|
|
|
Ø Intelektual
|
Ø Memahami huruf sandi
|
Ø Sandi Morse
Ø Senam Morse
Ø Sandi Semaphore
Ø Senam Semaphore
Ø Sandi kreasi
|
Ø Menggunakan
sandi sebagai alat menyampaikan pesan
|
Ø Tes Tulis
Ø Tes Praktik
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
|
|
|
Ø Melakukan
senam koloni tongkat
|
Ø Definisi
bela diri
Ø Senam koloni
tongkat
|
Ø Memahami
bela diri
Ø Melakukan
gerakan Senam koloni tongkat
|
Ø Tes Praktik
|
2
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Modul Senam koloni
Tongkat
|
|
Ø Intelektual
|
Ø Dapat menjelaskan
bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Ø Sejarah
pancasila
Ø Pengamalan
pancasila
|
Ø Dapat menyebutkan butir-butir Pancasila
dan menyampaikan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari
|
Ø Tes Tulis
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
|
|
Ø Intelektual
|
Ø Dapat menjelaskan
tentang organisasi ASEAN dan PBB
|
Ø Sejarah
ASEAN
Ø Struktur
organisasi ASEAN
Ø Sejarah PBB
Ø Struktur
organisasi PBB
|
Ø Dapat menjelaskan kepengurusan ASEAN,
Nama sekretaris jenderal ASEAN, alamat secretariat ASEAN serta organisasi-
organisasi di bawah ASEAN
Ø Dapat menjelaskan kepengurusan PBB, Nama
sekretaris jenderal PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi- organisasi di
bawah PBB
|
Ø Tes Tulis
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
|
1.14 Mampu
berpartisipasi aktif dalam kegiatan teknologi tepat guna
|
Ø Intelektual
Ø Peduli Lingkungan
|
Ø Dapat menjelaskan
tentang kewirausahaan
Ø Dapat mendaur ulang
barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat
Ø Dapat menerapkan
pengetahuannya tentang Tali Temali dan pioneering dalam kehidupan sehari-hari
|
Ø Definisi
kewirausahaan
Ø Pangsa
pasar barang bekas (sampah organik dan an organik)
Ø Hasta karya
dari pelepah pisang, kulit kerang, barang bekas, dan lain-lain
Ø Definisi
tali temali
Ø Definisi pioneering
Ø Simpul , ikatan dan kegunaannya
|
Ø Menjelaskan dan telah melakukan salah
satu kegiatan Kewirausahaan
Ø Dapat menjelaskan proses serta
menunjukan hasil daur ulang
Ø Dapat menggunakan simpul dan ikatan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Ø Tes Praktik
|
5
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø SK KWARNAS No. 142 tahun 2004
Ø Panduan Pelatihan Calon Pemandu,
Ø Pionering yang Progresif
|
NAMA PANGKALAN : SMA NEGERI 1 TALUN
GOLONGAN
/ TINGKATAN : PENEGAK / BANTARA
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI LATIHAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. 10 Mampu menjaga kebugaran tubuhnya agar
tetap sehat dan prima serta memanfaatkan kemampuan fisiknya
|
Ø Fisik
|
Ø Selalu berolahraga, mampu melakukan gerakan
olahraga renang gaya bebas
Ø Menguasai 1 cabang
olahraga tim
|
Ø Swimming
ü
Active Swimming
ü Defensive Swimming
|
Ø Minimal 1 minggu sekali melakukan
olahraga secara teratur
Ø Melakukan gerakan renang gaya bebas
dengan benar
Ø Dapat menjelaskan peraturan permainan
satu cabang olahraga tim
|
Ø Tes Praktik
Ø Tes Lisan
|
2
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
|
1. 11 Mampu menjelaskan perbedaan perkembangan
fisik dan psikologis antara lelaki dan perempuan
|
Ø Fisik
Ø Peduli Lingkungan
|
Ø Dapat menjelaskan
perkembangan fisik dan psikis laki-laki dan perempuan
Ø Dapat menyebutkan
beberapa penyakit infeksi, degeneratif, dan penyakit yang disebabkan perilaku
tidak sehat
|
Ø Anatomi
laki-laki dan perempuan
Ø Macam-macam
penyakit
Ø Penyakit
kulit
|
Ø Dapat menjelaskan di depan ambalannya tentang
perkembangan fisik dan psikis laki-laki dan perempuan
Ø Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit
infeksi dan penyebabnya
Ø Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit
degeneratif dan penyebabnya
Ø Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit
yang disebabkan prilaku tidak sehat
|
Ø Tes Praktik
Ø Tes Lisan
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø Modul CBDP CBFA PMI Kota Surabaya
|
|
Ø Fisik
|
Ø Dapat memimpin baris
berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan baris berbaris kepada
anggota sangganya.
|
Ø Definisi
Peraturan baris berbaris (PBB)
Ø Undang-undang
PBB
Ø Gerakan PBB
ditempat
Ø Gerakan
berpindah tempat
Ø Pasukan
pengibar bendera
|
Ø Dapat menjelaskan 15 gerakan
baris-berbaris di depan anggota sangganya
Ø Dapat memimpin baris berbaris
|
Ø Tes Praktik
|
2
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø SK Pangab No. SKEP / 23
/ III / 2002
|
|
Ø Fisik
|
Ø Pertolongan Gawat Darurat dan Evakuasi korban
|
Ø Pengertian dan Prioritas Evakuasi
Ø Evakuasi Korban Banjir dan Tenggelam
Ø Pertolongan Gawat Darurat
Ø Resusitasi Jantung Paru
Ø Nafas Buatan dan Trauma
Ø Hypothermia
Ø Pembalutan dan Bidai
|
Ø Memahami pengertian dan prioritas Evakuasi
Ø Melakukan evakuasi korban
|
Ø Tes Praktik
|
2
|
Ø Boyman (Ragam Latih
Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø Modul CBDP CBFA PMI Kota Surabaya
|
|
Ø Fisik
|
Ø Ikut serta dalam
perkemahan selama 3 hari berturut-turut
Ø Memahami definisi dan
konsep outbond
|
Ø Perkemahan dan pengembaraan diluar
sekolah
Ø Latar belakang dan tujuan outbond
Ø Bentuk-bentuk permainan outbond
|
Ø Aktif dalam mengikuti kegiatan
perkemahan selama 3 hari berturut-turut
Ø Permainan di alam terbuka
|
Ø Tes Praktik
Ø Tes Lisan
|
1
|
Ø Boyman (Ragam Latih Pramuka)
Ø Pramukanet.org
Ø Modul Outbond
Ø SK KWARNAS No. 006 tahun 1981
|
Keterangan:
TM : Tatap Muka
PS : Perkemahan/Kegiatan Di Sekolah
PE : Perkemahan/Kegiatan
Di luar Sekolah
|
Blitar, ... Agustus 2015
|
Pembina Satuan Penegak
|
Pembina Gugus Depan
|
....................................................
|
................................................
|
Kepala SMA Ngeri 1 Talun
Selaku Ka. Mabigus 18-015/18-016
|
............................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar